Disqus Shortname

REVIEW JURNAL GRAF DAN OTOMATA




Review Jurnal 1
Judul Jurnal
SIMULASI VENDING MACHINE DENGAN MENGIMPLEMENTASIKAN FINITE STATE AUTOMATA
Penulis
Tri Ichsan Saputra, Fauziah, Aris Gunaryati
No. ISSN
2541-3619
Reviewer
Widdy Arfiansyah (1830511012)
Jumlah Halaman
7
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Cara kerja finite state automata yang bisa diimplementasikan kedalam vending machine
-          Tujuan
Masih belum banyak yang mengetahui perihal bagaimana cara kerja didalam mesin tersebut,  melalui simulasi ini diharapkan pengguna juga lebih paham akan hal itu.
-          Metode Penyelesaian
Metode yang digunakan adalah finite state
-          Pemecahan Masalah
Tuple M pada FSA jenis DFA maupun NFA diantaranya (Q,,,S,F) yang mengartikan untuk Q=himpunan state, =himpunan input, =fungsi transisi, S=state awal, F=state akhir. Disini sebagai contoh sederhana, kita gunakan FSA jenis DFA[3].

kita bisa melihat bahwa tuplenya sebagai berikut :
Q = (q1, q2, q3, q4),  = (0, 1), S=(q1), F=(q2)
Fungsi transisi=
(q1,0)=q3, (q1,1)=q2, (q2,0)=q1, (q2,1)=q4, (q3,0)=q4, (q3,1)=q1, (q4,0)=q2, (q4,1)=q3

Sebagai contoh, misal kita input ‘1111’, maka untai akan bergerak dari state awal (q1) kemudian input ‘1’ pertama berubah posisi menjadi (q2) lalu input kembali ‘1’ maka posisi pindah menjadi (q4), kemudian input kembali ‘1’, maka posisi akan pindah kembali menjadi (q3), dan input kembali ‘1’ yang terakhir, maka posisi akan berakhir pada (q0) dan hasilnya akan ditolak karena tidak berakhir di state penerima / finish state
-          Kesimpulan
Penggunaan finite state automata pada vending machine sudah sangat sesuai didalam cara kerjanya, finite state sebagai dasar dari pengoperasian simulasi tersebut sudah menjelaskan detail alur dari apa yang user lakukan, sehingga prosesnya mudah dipahami. Dan diharapkan user dapat lebih paham akan hal tersebut
-          Kelebihan
Keakurasian dalam membaca nominal koin yang dimasukkan kedalam vending machine
-          Kekurangan
Belum ada system yang dapat membaca atau memasukan uang yang berupa kertas lembar
Penerbit
Universitas Nasional


Review Jurnal 2
Judul Jurnal
PENERAPAN  TEKNIK PEWARNAAN GRAPH  PADA PENJADWALAN UJIAN  DENGAN ALGORITMA WELCH-POWELL
Penulis
Supiyandi, Muhammad Eka
No. ISSN
2598-6341
Reviewer
Widdy Arfiansyah (1830511012)
Jumlah Halaman
6
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Seperti apa teknik pengimplementasi pada pewarnaan graph pada penjadwalan ujian
-          Tujuan
Tujuannya adalah sebagai visualisasi objek-objek agar lebih mudah dimengerti.
-          Metode Penyelesaian
Metode yang digunakan adalah Algoritma Welch Powell
-          Pemecahan Masalah
Langkah 1 (melabel titik dengan derajatnya). Label titik V1, V2, ..., Vn sedemikian hingga derajat (V1) > derajat (V2) > ... > derajat (Vn).

Langkah 2 (warnai titik belum berwarna pertama dari titik-titik belum berwarna yang berdekatan dengan titik itu). Berikan warna yang belum digunakan pada titik belum berwarna yang pertama pada daftar titik itu. Lakukan hal itu pada semua titik dalam daftar secara terurut, berikan warna baru ini pada setiap titik yang tidak berdekatan dengan setiap titik lain yang telah diwarnai ini.

Langkah 3 (graphnya telah diwarnai?). Jika beberapa titiknya belum berwarna, maka kembalilah ke langkah 2.

Langkah 4 (selesai). Pewarnaan graph telah dilakukan.
-          Kesimpulan
Coloring graph dapat diimplementasikan untuk penjadwalan ujian. Langkah awal penyelesaian adalah dengan memetakan suatu jadwal ke dalam graf lalu menentukan bilangan kromatik graf tersebut. Dengan penerapan coloring graph dapat membantu dalam penyusunan jadwal ujian sehingga tidak terjadi bentrokan jadwal yang dikontrak mahasiswa.
-          Kelebihan
Pengguna dapat lebih mudah dalam memahami pembuatan penjadwalan
-          Kekurangan
Algoritma Welch- Powell ini tidak selalu memberikan jumlah warna minimum yang diperlukan untuk mewarnai
Penerbit
Universitas Pembangunan Panca Budi


Review Jurnal 3
Judul Jurnal
PEMANFAATAN APLIKASI GRAF PADA PEMBUATAN JALUR ANGKOT 05 TASIKMALAYA
Penulis
Mira Kusmira, Taufiqurrochman
No. ISSN
2460 - 8416
Reviewer
Widdy Arfiansyah (1830511012)
Jumlah Halaman
6
Isi :

-          Identifikasi Masalah
Bagaimana pengimplemintasian untuk memebantu dalam pembutan jalur supaya lebih teratur dan dapat mengurangi kemacetan?
-          Tujuan
Untuk membuat jalur angkutan kota yang rapih dan teratur. Dengan jalur yang rapih dan teratur dapat di tentukan jumlah angkot–angkot yang beroprasi sehingga tidak ada angkot yang merasa rugi. Dengan kerapihan dan keteraturan tersebut, persoalan ngetem pun bisa dikurangi
-          Metode Penyelesaian
Metode yang digunakan adalah  persoalan tukang pos cina
-          Pemecahan Masalah
Dalam metode persoalan tukag pos ini, setiap ruas jalan yang ada dinyatakan dengan sisi, sedangkan setiap persimpangan dinyatakan dengan simpul. Selain itu, menyelesaikan persoalaln tukang pos cina mau tidak mau juga akan memakai metodeEuler, yaitu dalam menentukan apakah jalan yang harus dilewati tukang pos merupakan lintasan Euler, Sirkuit Euler, atau bukan kedua-duanya.
-          Kesimpulan
Dengan pembuatan jalur angkutan kota yang rapih dan teratur, maka permasalahan tentang transportasi dapat dikurangi. Para supir ankot akan mengurangi frekuensi ngetem mereka karena hanya ada satu atau dua jenis angkot yang melewati jalan yang sama.
-          Kelebihan
Dengan adanya metode persoalan tukang pos cina,  jalur dapat rapih dan teratur juga dapat membatu memudahkan masyarakat dalam menentukan angkot mana yang akan mereka gunakan untuk menuju tujuan yang mereka pilih. Jalur yang tidak teratur akan menimbulkan permasalahan seperti ngetem dan kemacetan
-          Kekurangan
Jika jalan berupa sirkuit Euler dan lintasan Euler maka akan lebih sulit menentukan jalur angkutan kotanya karena harus dibuat salahsatu jaur lebih dahulu baru kemudian dibuat jalur yang lain
Penerbit
Universitas Muhammadiyah Jakarta

 

References

Mira, K., & Taufiqurrochman. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Graf Pada Pembuatan Jalur Angkot 05 Tasikmalaya. Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2017, 1-6.
Saputra, T. I., Fauziah, & Aris, G. (2018). Simulasi Vending Machine Dengan Mengimplementasikan Finite State Automata . Journal of Information Technology and Computer Science (JOINTECS) , 281-286.
Supiyandi, & Muhammad, E. (2018). Penerapan Teknik Pewarnaan Graph Pada Penjadwalan Ujian Dengan Algoritma Welch-Powell . Ilmu Komputer dan Informatika , 58-63.



REVIEW JURNAL GRAF DAN OTOMATA REVIEW JURNAL GRAF DAN OTOMATA Reviewed by Wid Arfian on November 13, 2019 Rating: 5

1 komentar:

Labels Max-Results No.

7
Diberdayakan oleh Blogger.